Kompetisi Tetap Diarahkan Dua Wilayah


Ketua Komite Kompetisi PSSI, Sihar Sitorus, tetap bersikeras bahwa kompetisi musim mendatang akan berformat dua wilayah.

Meskipun ketua umum Djohar Arifin Husin menyatakan format musim depan masih tergantung hasil verifikasi Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC), namun Sihar menyatakan akan mengarahkan kompetisi musim depan menggunakan format dua wilayah.

“Besok kita ada rapat Komite Eksekutif, hanya proses yang kita lakukan sekarang itu, mengarahkan kita pada dua wilayah,” ujar Sihar di PSSI, Kamis (15/9/11).

PSSI di bawah ketua umum Djohar Arifin Husin mengambil kebijakan baru mengenai penetapan peserta kompetisi profesional musim depan, dengan mengacuhkan hasil kompetisi musim lalu.

Menurutnya, format ini diambil untuk mengakomodasi klub-klub yang telah memenuhi persyaratan profesional menurut kriteria PSSI, anjuran AFC.

“Jumlah klub yg memenuhi prasayaratan ketahuan ada 34. Nah bagaimana caranya untuk mengakomodir semua,” lanjut Sihar.

Dari 34 klub akan digugurkan dua, tergantung dari kelayakan stadion, sehingga nantinya tinggal 32.

“Intinya akhirnya ada 32 klub yg kita bagi dalam dua wilayah. Tidak mungkin bisa satu wilayah, bisa-bisa selesai satu setengah tahun,” tambahnya.

“Lewat rapat Komite Eksekutif, kita ungkapkan alasan-alasan membentuk dua wilayah. Sudah diungkapkan konteks dan latar belakang sampai dengan pengumaman sudah diungkapkan. Jadi tidak ada lagi yang sifatnya rahasia,” Sihar menambahkan.

Salah satu alasan PSSI memecah kompetisi menjadi dua wilayah adalah untuk meringankan beban finansial klub, yang musim depan dilarang menggunakan dana APBD.

“Tinggal kita lihat saja apakah keputusan itu memampukan klub2 bertahan atau tidak atau memungkinkan klub mencari dana,” tandasnya.Source:Sport

Pos ini dipublikasikan di Ole Nasional dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s