Enam Calon Pemain Naturalisasi Segera Disumpah


Perkembangan calon pemain yang siap dinaturalisasi telah mencapai titik temu. Setelah cukup lama diproses, akhirnya Keputusan Presiden terkait enam pemain yang akan dinaturalisasi itu sudah ditandatangani Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Keenam pemain tersebut yakni, empat pemain keturunan asal Belanda, Tonnie Cusell, Stefano Lilipaly, Johny Rudolf van Beukering dan Sergio van Dijk, serta dua pemain asal Nigeria yang saat ini bermain di Liga Indonesia, Greg Nwokolo (Persija) dan Victor Chuckwuekezie Igbonefo (Persipura Jayapura).

“Untuk para pemain yang akan dinaturalisasi itu Keppresnya sudah turun dari Presiden dan bisa segera disumpah,” ungkap Nurhikmat Hamzah, Kasubdit Naturalisasi Pewarganegaraan Direktorat Tatanegara Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum Kemenkum HAM.

Nurhikmat menambahkan, “Per tanggal berapa Keppres itu, saya lupa, yang jelas tentang pemain naturalisasi itu sudah bisa disumpah. Namun, saya masih belum tahu kapan mereka akan disumpah.”

Sebelumnya, surat permohonan pertimbangan kewarganegaraan RI dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah disampaikan ke Dewan Perwakilan Rakyat. Surat permohonan tersebut tertanggal 5 Juli 2011. Setelah disetujui DPR, surat kemudian dikembalikan ke Sekretariat Negara untuk ditandatangani Presiden dalam sebuah keppres.

Para pemain ini melalui proses naturalisasi sesuai dengan Pasal 20 UU 12 Tahun 2006, yang intinya menyebutkan pemberian kewarganegaraan bisa dilakukan kepada mereka yang dinilai berjasa atau untuk kepentingan negara.

Pos ini dipublikasikan di Ole Nasional, Timnas dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s