DPR Desak Arifin dan Toisutta Patuhi FIFA


pssi logo

Image via Wikipedia

Komisi X DPR RI meminta agar George Toisutta dan Arifin Panigoro legowo menerima keputusan FIFA. Keduanya bahkan diminta untuk menyatakan sikapnya tersebut dalam sebuah pernyataan resmi.

Wacana ini mencuat dalam rapat dengar pendapat Komisi X DPR RI dengan Komite Normalisasi, di kantor DPR, Senayan, Rabu, 8 Juni 2011. Pertemuan juga dihadiri KONI dan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenegpora).

“Masalahnya hanya satu, yakni langkah konkrit apa yang bisa menaklukkan Kelompok 78. Mereka ini tidak hidup dari olahraga, tapi dari organisasinya,” ujar salah seorang anggota Komisi X, Dedy Gumelar.

Kelompok 78 merupakan pendukung setia Arifin Panigoro dan George Toisutta. Pada Kongres PSSI, 20 Mei lalu, kelompok ini ngotot mencalonkan kedua kandidat tersebut meski sudah dilarangan oleh otoritas sepakbola dunia FIFA.

Sikap ngotot Kelompok 78 ini telah membuat suasana Kongres yang digelar di Hotel Sultan, Jakarta ricuh. Hujan interupsi yang dilakukan anggota- anggotanya membuat suasana tidak sidang kondusif dan berakhir deadlock.

“Kami menunggu pernyataan dari George Toisutta dan Arifin Panigoro yang menyatakan ‘Saya dengan legowo menerima segala keputusan.’ Itu yang kami tunggu,” tegas Dedy yang diamini oleh anggota Komisi X lainnya.

Anggota Komisi X lainnya, Ali Maschan Moesa juga mengingatkan bahwa Komite Normalisasi (KN) berwenang penuh atas Kongres PSSI. Karena itu, Ali meminta KN berani menindak tegas pihak-pihak yang mengganggu kelancaran Kongres.

“Kalau ada yang mengganggu berjalannya kongres lagi, KN berwenang untuk mengeluarkannya dari ruangan,” ujar Ali.

FIFA telah memberikan batas terakhir bagi Kongres PSSI paling lambat 30 Juni 2011. Bila gagal, PSSI secara otomatis akan mendapat sanksi berupa suspended dari FIFA. Hukuman ini efektif berlaku sejak 1 Juli 2011.

Menanggapi usulan Komisi X tersebut, KONI dan KN pun berniat melakukan pendekatan kepada George dan Arifin. Menurut Ketua KONI, Rita Subowo, pertemuan akan digelar besok malam, Kamis, 9 Juni 2011.

“Kami juga akan membuat antisipasi terhadap tindakan kelompok 78 nantinya,” ujar Rita.

Kongres PSSI episode ketiga rencananya akan digelar di Solo, 30 Juni 2011. Namun karena berbenturan dengan salah satu agenda internasional yang juga digelar di Solo, maka jadwal kongres yang kini berstatus sebagai Kongres Luar Biasa (KLB) ini rencananya akan dimajukan.

Pos ini dipublikasikan di Breaking news, Ole Nasional dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s