Kiper Cendrawasih Papua Perkuat Timnas Latvia di Kualifikasi Euro


Performa individu kiper Cendrawasih Papua, Deniss Romanovs, yang ciamik, rupanya begitu mengesankan Latvijas Futbola Federacija (PSSI-nya, Latvia, red). Pemain kelahiran 2 September 1978 ini diminta untuk segera bergabung dengan tim nasional Latvia.

Dari faksimili Federasi Sepakbola Latvia yang dikirim kepada CEO Cendrawasih Papua, Deniss diminta segera bergabung dengan timnas untuk menghadapi Israel dalam Kualifikasi Piala Eropa (Euro 2012) di Tel Aviv pada 26 Maret 2011.

Dalam surat yang ditandatangani Genadijs Karavajevs, Latvian National Team General Manager, itu juga disebutkan bahwa kiper yang memiliki tinggi 186 sentimeter itu diminta untuk bergabung dengan timnas negaranya dari 21 sampai 27 Maret 2011. Sedangkan pemusatan timnas Latvia digelar di Keizarmezs, dan diharapkan Deniss sudah bisa bergabung pada 21 Maret mendatang. Jadwal tersebut diatur oleh FIFA dan UEFA.

Bila merujuk kepada jadwal tersebut, Deniss tidak akan memperkuat Cendrawasih Papua kala bertandang menghadapi Batavia Union pada Sabtu (26/3) mendatang. Dengan kata lain, kiper jempolan ini tak bisa memperkuat klub yang bermarkas di Jayapura itu untuk sekali tanding.

Menyikapi panggilan timnas Latvia itu, Pramadia Moses Hutabarat mengaku menghadapi dilema. Di satu sisi, ia sangat senang dan berbangga hati, karena salah satu pemainnya masuk timnas Latvia. Sedangkan di sisi lain, Cendrawasih Papua terpaksa tidak bisa diperkuat Deniss Romanovs untuk beberapa saat.

“Ini membanggakan bagi kami, karena ada salah satu pemain Cendrawasih Papua yang dipanggil tim nasional,” ujar CEO Cendrawasih Papua itu. Dua kiper lainnya akan menggantikan posisi Deniss untuk sementara. Mereka adalah Sanea Wandik, dan Eneko Bahabol. Inilah kesempatan bagi keduanya untuk menunjukkan kemampuan masing-masing dalam kompetisi Liga Primer Indonesia (LPI).

Menurut Moses, ketiadaan Dennis tentu akan sangat mempengaruhi kekuatan timnya. Namun, dua kiper lainnya sejak awal telah diminta untuk menyerap ilmu dari Deniss, yang sudah memperkuat timnas Latvia tiga kali. “Memang, kekuatan di belakang akan sedikit berkurang,” ujar Moses, tentang kepergian Deniss.

Moses melihat sisi positif pemanggilan Deniss Romanovs. Ini membuktikan bahwa kompetisi yang digelar LPI menunjukkan kualitasnya. “Ini menunjukkan bahwa LPI sangat serius untuk memperbaiki kompetisi di Indonesia,” Paramadia Moses menekankan. Dennis sendiri akan berangkat dari Jayapura pada 20 Maret mendatang.

Latvia berada di Grup F – bersama Kroasia, Yunani, Georgia, Israel, dan Malta – Babak Kualifikasi Euro 2012. Negara ini sementara menduduki posisi kelima dari enam peserta di grup tersebut. Dari empat kali main, Latvia meraih empat poin. Sedangkan Israel berada di atasnya, sama-sama empat kali main dan juga memperoleh empat poin, namun memiliki selisih gol lebih bagus. (RIZ)

Pos ini dipublikasikan di LPI dan tag , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s