Siapa Figur Baru Calon Ketum PSSI?


Keempat nama yang sebelumnya maju ke pencalonan ketua umum PSSI tidak diperbolehkan melanjutkan perjuangannya. Publik sepakbola Indonesia kini mencari calon ketua umum baru, yang bersih dari korupsi dan intrik politik.

Nurdin Halid dipastikan tak akan lagi bisa mempertahankan kursi ketua umum PSSI. Malam tadi Presiden FIFA Sepp Blatter melarangnya maju ke pencalonan ketua umum periode 2011-2015.

Bukan Nurdin saja yang jalannya menuju kursi ketua umum PSSI ditutup. Arifin Panigoro, George Toisutta dan Nirwan D Bakrire, yang sebelumnya menjadi pesaing Nurdin, juga tak diperkenankan maju.

Lalu siapa nama bakal calon ketua umum baru yang akan memimpin PSSI?

“Para pecinta sepakbola Indonesia, pendamba prestasi, tak ada figur spesifik yang diinginkan (untuk jadi ketua umum). Buat mereka yang penting ‘asal bukan Nurdin’,” ungkap pengamat politik dan sepakbola, Ari Junaedi dalam perbincangan dengan detiksport.

“Yang jelas harus ada sosok yang selama ini dianggap bersih. Sempat muncul nama Jusuf Kalla. Kalau dia bersedia gak masalah.”

“Sepakbola sejak awal tak pernah lepas dari intrik politis. Dibawa ke ranah politik, ada dugaan suap, pengaturan skor, masih menyusu pada pemerintah dan tidak transparan. Dengan adanya praktek-praktek seperti itu figur yang diinginkan adalah yang amanah. Memegang amanah dari pemilik suara di PSSI. Punya kemampuan manajerial di organisasi,” lanjut Ari dari ujung telepon.

Beberapa tahun lalu nama Sutiyoso sempat muncul dalam bursa calon pemilihan. Belakangan gantian Jusuf Kalla yang digadang-gadang bisa maju ke kursi ketua umum PSSI, meski hingga kini belum memberi jwaban pasti soal hal tersebut.

“Beberapa kriteria yang harus dimiliki calon ketua umum adalah kapabilitas, kepemimpinnan. Lalu punya jiwa manajerial dan kemudian bebas korupsi. Yang terakhir bisa pegang amanah. Itu yang kita butuhkan buat memimpin PSSI.

“Memimpin PSSI itu berbeda dengan memimpin PBSI (Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia). Fans bulutangkis itu banyak, tapi pencinta sepakbola lebih banyak, dan lebih gila. Karena itulah dibutuhkan pemimpin yang ‘gila’,” lanjut Ari.

Lebih lanjut dia juga menyarankan kalau mantan pemain yang pernah membela timnas masuk dalam kepengurusan PSSI. Nama-nama seperti Bambang Nurdiansyah, Rully Nere dan Sucipto Suntoro ada baiknya dijadikan anggota Komite Eksekutif demi menciptakan PSSI yang lebih solid.Source:detiksport

Pos ini dipublikasikan di Breaking news dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s