Warning Mendagri 2012 Klub Bola Tanpa APBD


Pemerintah memasang target untuk menghentikan penggunaan dana APBD untuk klub-klub sepakbola profesional di tahun 2012. Perangkat Permendagri Nomor 59 tahun 2007 juga akan direvisi.

Hal tersebut disampaikan Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi usai mengikuti rapat kabinet di kantor presiden, Jl. Medan Merdeka Utara, Jakarta, Kamis (20/1/2011), sebagai kelanjutkan dari pernyataan sebelumnya bahwa APBD tak boleh lagi diperuntukkan klub-klub sepakbola.

Dikatakan Gamawan, pihaknya terlebih dulu akan mengevaluasi lagi Permendagri 59/2007, yang walaupun melarang hal tersebut, tapi masih memungkinkan klub-klub mendapat dana melalui hibah yang diberikan kepada KONI.

“(Draft) mungkin bulan depan kita ajukan, karena kita perlu matangkan lagi dengan Menpora, mana (klub) yang profesional. Yang profesional sudah bisa cari yang sendiri, mencari iklan sendiri. Yang dibina APBD adalah sekolah sepakbola, klub-klub sepakbola amatir,” tutur Mendagri.

“Mudah-mudahan APBD 2012 tidak ada untuk klub profesional. Semoga tidak ada lagi. Kalau sekarang ‘kan masih ada melalui KONI. Untuk 2012 akan lebih kita atur lagi. Semoga tidak ada.”

Ditambahkan Gamawan, ia sudah membicarakan hal ini dengan beberapa gubernur. Saat ditanya apakah ada yang berkeberatan, ia menjawab: “Katanya sekarang terus terjadi penurunan. Gubernur Sumsel mengatakan dulu klub minta Rp 30 miliar, tapi sekarang sudah terus turun, karena klub semakin mandiri.”

Pos ini dipublikasikan di Ole Nasional dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s